08:00 s.d. 16:30 0341 - 711167 0858 5985 9810 tigaputraperkasa.cv@gmail.com 0851 0240 3111
(pcs)

Pengaruh Konsumsi Kopi dan Kadar Insulin

Tuesday, April 10th 2018.

pengaruh-kopi-terhadap-kadar-insulin

Sebuah penelitian menemukan bahwa kadar insulin tidak akan mengalami perubahan setelah anda mengkonsumsi segelas espresso double atau single.

Pada penelitian yang dilakukan tahun 2012, para peneliti melakukan pemeriksaan toleransi glukosa pada peserta penelitian. Pemeriksaan dilakukan 1 jam setelah mereka mengkonsumsi espresso, baik yang mengandung kafein maupun yang tidak mengandung kafein.

Pada pemeriksaan toleransi glukosa, para peserta diminta untuk mengkonsumsi 75 gram glukosa.  Kemudian diukur kadar gula darahnya dengan interval waktu tertentu selama 2 jam setelah konsumsi glukosa dilakukan. Para peneliti juga menemukan bahwa tidak ditemukan adanya perubahan sensitivitas insulin yang disebabkan mengkonsumsi segelas espresso single atau double.

Artikel lainnya: Pengaruh Kopi Terhadap Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian lainnya ditahun 2012, peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi kopi secara teratur setiap harinya dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2. Dengan catatan bahwa kopi yang dikonsumsi yaitu kopi hitam tanpa gula atau krim.

Para peneliti menemukan bahwa para peserta penelitian yang mengkonsumsi 4-6 gelas kopi setiap harinya memiliki resiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Jika dibandingkan dengan peserta lain yang mengkonsumsi kurang dari 2 gelas kopi setiap harinya. Kopi yang melalui proses filtrasi dan tidak mengandung kafein memiliki manfaat lebih besar dibandingkan dengan kopi tanpa filtrasi dan mengandung kafein.

Pada sebuah penelitian lainnya di tahun 2005, para peneliti menemukan bahwa konsumsi kopi, baik yang mengandung kafein maupun yang tidak mengandung kafein tidak mempengaruhi kadar insulin seseroang.

Akan tetapi, setiap orang memiliki metabolisme insulin yang berbeda-beda. Hal inilah yang mungkin menyebabkan para peneliti sulit menentukan apakah ada suatu hubungan antara konsumsi kopi dan kadar insulin seseorang.

Mengkonsumsi 5 gelas kopi, baik berkafein maupun tidak setiap harinya dapat membuat kadar gula darah 2 jam setelah makan menjadi lebih rendah. Para peneliti menduga bahwa asam klorogenik yang terdapat pada kopilah yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Akan tetapi, mengkonsumsi kopi sebelum makan dapat mengganggu hasil pemeriksaan toleransi glukosa.

Apakah Kopi Berpengaruh Terhadap Kadar Insulin?

Sebuah penelitian lainnya di tahun 2008 menemukan bahwa mengkonsumsi kopi berkafein bersamaan dengan makanan mungkin dapat meningkatkan sekresi insulin, tetapi dapat menurunkan sensitivitas insulin.

Pada penelitian ini, para peserta diminta untuk mengkonsumsi kopi berkafein sebanyak 5 mg/kgBB dalam waktu 1 jam sebelum makan, terlepas dari indeks glikemik makanan yang akan dikonsumsi (indeks glikemik tinggi maupun rendah).

Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi kopi sebelum mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan sekresi insulin. Kira-kira sebanyak 40% dibandingkan dengan mengkonsumsi kopi tanpa kafein sebelum mengkonsumsi makanan yang sama.

Mengkonsumsi kopi berkafein sebelum mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah menyebabkan peningkatan sekresi insulin sebanyak 36%. Jika dibandingkan dengan saat mengkonsumsi kopi tanpa kafein sebelum mengkonsumsi makanan yang sama. Oleh karena itu, para peneliti pun berkesimpulan bahwa kopi berkafein mungkin dapat memicu terjadinya resistensi insulin.

Sumber: dokterID

Rp 80.000
Rp 30.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 80.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 80.000

Kontak Klinik Enema

HealthyCaff Enema Kopi

WA: 0851-0240-3111

(0341) 711.167

0851-0240-3111 (AS)

085.859.859.810 (IM3)

tigaputraperkasa.cv@gmail.com

Jl. Kapi Sraba Raya, Kav. 13F/41 Sawojajar-2 Malang - Jawa Timur

Facebook Fanpage

enema kopi
alat kesehatan

Peluang Bisnis

enema kopi

Maps

Kami Hadir di:

bukalapak tokopedia shopee
Ping site with www.pingmyurl.com
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit ExpressSEO Tools

CHAT ADMIN