Beranda » Artikel Blog » Tipe-Tipe Enema

Tipe-Tipe Enema

Diposting pada 30 March 2018 oleh gilang Alkes malang | Dilihat: 33 kali | Kategori:

Barium Enema

Enema dapat diklasifikasikan ke dalam 5 golongan menurut cara kerjanya: cleansing enema(membersihkan), carminative enema (untuk mengobati flatulence), retention enema (menahan), enema dengan mengembalikan aliran, dan juga barium enema. Dilansir dari enema huknah.

1. Leansing enema

Yaitu tindakan enema yang merangsang peristaltik dengan mengiritasi kolon dan rektum dan atau dengan meregangkan intestinal dengan memasuki volume cairan. Ada 2 cleansing enema yaitu high enema (huknah tinggi) dan low enema (huknah rendah). High enema diberikan untuk membersihkan kolon sebanyak mungkin, sering diberikan sekitar 1000ml larutan untuk orang dewasa, dan posisi klien berubah dari posisi lateral kiri ke posisi dorsal recumbent dan kemudian ke posisi lateral kanan selama pemberian ini agar cairan dapat turun ke usus besar. Cairan diberikan pada tekanan yang tinggi daripada low enema.; oleh karena itu wadah dari larutan digantung lebih tinggi. Cleansing enema paling efektif jika diberikan dalam waktu 5-10 menit.

Low enema diberikan hanya untuk membersihkan rektum dan kolon sigmoid. Sekitar 500ml larutan diberikan pada orang dewasa, klien dipertahankan pada posisi sims/miring ke kiri selama pemberian.

2. Carminative enema

Yaitu enema yang dilakukan terutama diberikan untuk mengeluarkan flatus. Larutan dimasukkan ke dalam rektum untuk mengeluarkan gas dimana ia meregangkan rektum dan kolon, kemudian merangsang peristaltik. Untuk orang dewasa dimasukkan 60-180ml.

3. Retention enema

Pada tipe retention enema dilakukan dengan dimasukkan oil (pelumas) ke dalam rektum dan kolon sigmoid, pelumas tersebut tertahan untuk waktu yang lama (1-3 jam). Ia bekerja untuk melumasi rektum dan kanal anal, yang akhirnya memudahkan jalannya feses.

4. Enema dengan mengembalikan aliran

Enema dalam hal ini lebih mengarah pada pembilasan kolon, digunakan untuk mengeluarkan flatus. Pemasukan dan pengeluaran cairan yang berulang ke dan dari rektum. Pertama-tama larutan (100-200ml untuk orang dewasa) dimasukkan ke rektum dan kolon sigmoid, kemudian wadah larutan direndahkan sehingga cairan turun kembali keluar melalui rectal tube ke dalam wadah. Pertukaran aliran cairan ke dalam dan keluar ini berulang 5-6 kali, sampai (perut) kembung hilang dan rasa tidak nyaman berkurang atau hilang.

5. Barium Enema

Barium adalah logam yang digunakan sebagai kontras untuk pencitraan x-ray usus. Oleh karena itu ahli pencernaan meresepkan barium enema untuk mendiagnosis penyakit dan kondisi yang terkait dengan usus besar dan kecil, seperti kanker usus besar atau penyakit radang usus. Enema barium biasanya dilakukan di kantor dokter Anda atau departemen radiologi rumah sakit. Sumber dari Livestrong.

Bagikan

Tipe-Tipe Enema | Jual Kopi Organik Enema Kopi Indonesia | Detox Alami Usus Besar

Komentar OFF

Maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Anda Mungkin Suka
Chat via Whatsapp
Gilang
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Gilang
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja